LANDASAN FILOSOFI KURIKULUM 2013

CURRICULUM IS A PRODUCT OF ITS TIME. . . CURRICULUM RESPONDS TO AND IS CHANGED BY SOCIAL FORCES, PHILOSOPHICAL POSITIONS, PSYCHOLOGICAL PRINCIPLES, ACCUMULATING KNOWLEDGE, AND EDUCATIONAL LEADERSHIP AT ITS MOMENT IN HISTORY
(OLIVA ,1992:29)

FILSAFAT DAN KURIKULUM

  • PHILOSOPHY LIES AT THE HEART OF EDUCATIONAL ENDEAVOR. THIS IS PERHAPS MORE EVIDENT IN CURRICULUM DOMAIN THAN IN ANY OTHER, FOR CURRICULUM IS A RESPONSE TO THE QUESTION OF HOW TO LIVE A GOOD LIFE. . . . JOHN DEWEY (1916) SUPPORTED THIS EMPHASIS WHEN HE SUGGESTED THAT EDUCATION IS THE TESTING GROUND OF PHILOSOPHY ITSELF.(SCHUBERT,1986:116)
  • PHILOSOPHY SERVES AS BOTH A SOURCE AND AN INFLUENCE FOR EDUCATIONAL OBJECTIVES AND CURRICULUM DEVELOPMENT (TANNER AND TANNER, 1980:103)
  • THE CURRICULUM COMMITTEE SHOULD BE COGNIZANT OF THE MAJOR PRINCIPLES OF THE LEADING SCHOOLS OF PHILOSOPHY, PARTICULARLY ESSENTIALISM AND PROGRESSIVISM. THEY SHOULD KNOW  WHERE THEY STAND AS INDIVIDUALS AND AS A GROUP IN THE PHILOSOPHICAL SPECTRUM. THEY MAY DISCOVER THAT THEY HAVE ADOPTED, AS HAVE PERHAPS A MAJORITY OF EDUCATORS, AN ECCLECTIC APPROACH TO PHILOSOPHY, CHOOSING THE BEST FROM SEVERAL PHILOSOPHIES. (OLIVA, 1997:190)

LANDASAN FILOSOFIS KURIKULUM 2013

  • Pendidikan berakar pada budaya bangsa, kehidupan masa kini dan membangun landasan  kehidupan masa depan.
  • Pendidikan adalah proses pewarisan  dan pengembang budaya .  Pendidikan memberikan dasar bagi untuk peserta didik berpartisipasi dalam membangun kehidupan masa kini.
  • Pendidikan mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki peserta didik
  • Pendidikan adalah proses pengembangan jatidiri peserta didik.
  • Pendidikan menempatkan peserta didik sebagai subjek yang belajar (eklektik antara perenialisme, esensialisme, humanisme, progresivisme, rekonstruksi sosial)

 

Dampak Kurikulum 2013 terhadap Posisi Guru

Mulai tanggal 15 Juli 2013 mendatang penerapan kurikulum 2013 mulai akan diberlakukan,namun hingga sekarang masih banyak terjadi kontroversi. Misalnya di Kota Solo, Kota yang katanya sudah mempersiapkan dengan matang pelaksanaan kurikulum 2013 tidak luput Kontroversi berkepanjangan tentang Kurikulum 2013 yang terus bergulir, mengusik guru besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.

Dia berpendapat secara substansial Kurikulum 2013 hanya menempatkan guru pada posisi sebagai robot-robot mekanik yang menjalankan program pemerintah.
“Hal itu bisa berdampak pada kurangnya motivasi kerja guru,” ujar Prof Sarwiji di Kampus Program Pascasarjana UNS, Solo, Jumat (5/7/2013)..

Menurut pandangan pakar pendidikan itu, ketika terjadi perubahan kurikulum seharusnya guru diposisikan sebagai pembelajar. Sedangkan perubahan kurikulum sebagai kegiatan pembelajaran bagi para guru.“Menempatkan guru pada posisi tersebut penting, karena guru akan mampu mengoptimalkan kegiatan pembelajaran manakala ada keterlibatan dalam pengembangan tujuan dan perencanaan pembelajaran,” jelas Prof. Sarwiji.

Beda halya dengan pendapat delyana, menanggapi perihal di atas. Menurut dia Boleh saja orang berpendapat apa saja tentang Kurikulum 2013, Namun tdk bisa dipungkiri ketika diterapkan KBK di mana Sekolah dan Guru diberi kesempatan untuk mengembangkan Kurikulum, Silabus, RPP, termasuk Buku, yang terjadi adalah sebagai berikut:

  • Buku I, Buku II (Silabus dan RPP) hanyalah copy paste, yang hanya disesuaikan Identitasnya, tanpa penyesuaian dengan keadaan sekolah, kelas dan siswa.
  • Karena Silabus dan RPP merupakan hasil copy paste, maka apa yg tertulis di dalam Silabus dan RPP tidak sesuai dengan apa yang dilakukan guru di dalam kelas.
  • Buku yang digunakan di berbagai sekolah tidaklah dinilai berdasarkan kualitas isi buku, tetapi berdasarkan besarnya rabat atau besarnya Paket Tour yang diberikan penerbit buku.
  • Meskipun Pemerintah telah menyiapkan BSE, dan melarang Sekolah dan Guru menjual buku, namun dengan berbagai alasan, seperti yang menjual bukan sekolah/ guru, tetapi Koperasi dan alasan sejenis lainnya, di berbagai sekolah Penjualan Buku, bahkan Setiap Tahun Buku yang dipakai ganti Penerbit, agar Siswa/ Orang Tua selelu membeli Buku.
  • Pembelajaran Tematik yang disarankan diterapkan di kelas rendah (I, II, III SD/MI), yang terjadi di berbagai sekolah, Pembelajaran Tematik hanya ada di Silabus dan RPP hasil copy paste para guru dari internet, sedang pembelajarannya tetap Mata Pelajaran seperti kelas IV, V, VI. Karena Buku – Buku yang tersedia adalah Buku Mata Pelajaran dan Jadwalnyapun = Kelas IV, V dan VI.
  • Meskipun Pemerintah telah menyiapkan Buku Guru, Buku siswa, Silabus, namun itu hanyalah bersifat sebagai standar minimal. Bagi para guru yang memang luar biasa, mampu mengembangkan lebih baik tetap diperkenankan atau tidak dilarang, alias TIDAK DIPASUNG. Namun bagi guru yang memang belum memiliki kemampuan luar biasa, setidaknya sudah ada Buku Pegangan yang sesuai dengan Standar Proses dan Standar Penilaian minimal, sesuai ketentuan.
lowongan kerja pekerjaan sambilan

Dampak Metode pembelajaran berbasis TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi )

Guru sebagai pendidik dan  di sekolah yang mempunyai peran yang sangat penting dan srtategis di dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dan di lingkungan sekitarnya. Tugas dan tanggung jawab mereka sangat penting sehingg guru yang memiliki kompetensi dan kreatifitas tinggi yang dapat mengemban tugas tersebut Guru yang berprestasi adalah mereka yang memiliki kemampuan  yang unggul dalam melaksanakan tugas sesuai dengan kompetensinya yaitu memiliki kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.
Metode pembelajaran pada saat ini mulai banyak dikembangkan adalah pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Hal ini terjadi karena sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta tuntutan dalam dunia pendidikan.
Read the rest of this entry »

Penerapan kurikulum 2013 dilanjutkan apa ditunda ?

Tahun Ajaran 2013/2014 sudah diambang pintu, penerimaan siswa baru pun sedang berlangsung,artinya mulai tanggal 15 Juli 2013 mendatang penerapan kurikulum 2013 mulai diberlakukan. Lalu seperti apakah kesiapan tingkat satuan pendidikan didaerah apakah sudah benar-benar sap ? Mari kita tengok ke berbagai daerah di Indonesia.
Read the rest of this entry »

Kesiapan dan Implementasi Pelaksanaan Kurikulum 2013

Pemerintah mulai menerapkan implementasi Kurikulum 2013 mulai Tahun Pelajaran 2013/2014 pada 15 Juli mendatang. Masyarakat yang ingin memantau implementasi pelaksanaan kurikulum dapat mengaksesnya secara online melalui laman kurikulum.kemdikbud.go.id. untuk saat ini bila anda mengunjungi ke website tersebut katanya “Data Masih Dalam Proses Verifikasi” Nantinya jika sudah selesai “Informasi mengenai perkembangan kurikulum bisa dilihat di Sistem Elektronik Pemantauan Implementasi Kurikulum (SEPIK) 2013,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Bidang Pendidikan Musliar Kasim di Kemdikbud, Jakarta, Rabu, (5/6/2013).

Musliar menyampaikan, untuk pengadan tender buku Kurikulum 2013 telah selesai dilaksanakan dan pemenangnya sudah diumumkan. “Insya Allah kalau DIPA sudah disetujui atau keluar dari Kemkeu akan segera dilakukan kontrak dengan pemenang tender,” katanya.

Musliar menyebutkan, sasaran implementasi Kurikulum 2013 sebanyak 6.325 sekolah untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK di 295 kabupaten/kota di 33 provinsi. Sementara anggaran implementasi Kurikulum 2013 sebanyak Rp 829 miliar.

Adapun kriteria sekolah sasaran yang akan melaksanakan Kurikulum 2013 ini harus memenuhi kesiapan sekolah, yang ditandai dengan akreditasinya dan sekolah eks RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional). “Diutamakan sekolah akreditasi A, tetapi untuk menjangkau dan proporsional diambil akreditasi B,” kata Wamendikbud.

Menurut Musliar, pelatihan guru yang akan mengajarkan Kurikulum Baru ini dilakukan secara bertingkat mulai dari melatih instruktur nasional, guru inti, dan guru sasaran. Pelatihan untuk guru sasaran, akan dilakukan saat liburan sekolah supaya tidak mengganggu aktivitas sekolah. “Untuk instruktur nasional dilakukan 24 Juni,” ujar Wamendikbud.

Adapun PTK sasaran yang dilatih total sebanyak 74.289 orang meliputi instruktur nasional sebanyak 572, guru inti 4.740, pengawas inti 565, dan guru sasaran 55.762. Kemudian untuk pengawas sasaran 6.325 dan kepala sekolah sasaran 6.325.

Ketua Unit Implementasi Kurikulum Pusat Tjipto Sumadi menyampaikan, SEPIK diluncurkan untuk melakukan pemantauan terhadap implementasi kurikulum yang meliputi distribusi buku, pelaksanaan pelatihan dari instruktur nasional, kepala sekolah, pengawas sekolah, guru inti hingga guru sasaran. “SEPIK menyediakan fitur-fitur yang diperlukan bagi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) untuk mengakses lebih jauh pelaksanaan pelatihan,” katanya.

Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud Ramon Mohandas menyampaikan, implementasi Kurikulum 2013 dilaksanakan terbatas dan bukan piloting. Dia menyebutkan, pada jenjang SD/MI diterapkan di sebanyak 2.598 sekolah untuk kelas 1 dan 4, sedangkan pada jenjang SMP/MTs 1.436 sekolah untuk kelas 7. Sementara pada jenjang SMA/MA di 1.270 sekolah dan SMK di 1.021 sekolah untuk kelas 10.

Pada tahun depan, selain diterapkan pada kelas 1,4,7, dan 10 juga ditambah kelas 2,5,8, dan 11. “Tahun ketiga terimplementasi di semua jenjang,” katanya.

(Humas Kemdikbud/ES)

Sumber: http://www.setkab.go.id/berita-8944-pelaksanaan-kurikulum-2013-dapat-dipantau-secara-online.html

Memilih Universitas atau perguruan tinggi terbaik

Memilih Universitas atau perguruan tinggi terbaik merupakan suatu jalan utama untuk mengarah ke jalan kesuksesan di masa mendatang.Ketika seseorang sedang bimbang untuk memutuskan pilihan kepada satu perguruan tinggi yang terbaik menurutnya maka itu merupakan awal bencana di masa mendatang. Artinya start awal sebelum masuk ke salah satu universitas atau perguruan tinggi adalah kemantapan kita, kita harus yakin dan yakin ke satu pilihan. Dengan berbagai pertimbangan yang tentunya dipilihlah perguruan tinggi atau universitas yang terbaik. Berikut ini daftar 100 universitas terbaik di Indonesia versi webometric baik negeri ataupun swasta.

Read the rest of this entry »

Sweden Doctoral Scholarship to Provide 50 Engineers Indonesia

Jakarta – President Susilo Bambang Yudhoyono ended his state visit in Sweden. During the two-day meeting with the Prime Minister Fredrick Reinfeldt and Speaker of Parliament Per Wasterberg, a number of successful cooperation the two countries agreed. One of these doctoral scholarships to 50 undergraduate engineering.

“Mainly in the areas of health, science and technology, as well as the maintenance of peace. We hope that this will further strengthen bilateral cooperation,” said the Special Staff of the President of International Relations, Teuku Faiza, by electronic mail, on Wednesday (29/05/2013).On the first day of a state visit to Sweden (28.05.2013) President and the delegation had a bilateral meeting with Prime Minister Fredrik Reinfeldt and Head of the Swedish Parliament, Per Westerberg. President also has a courtesy call to the King of Sweden, YM Carl XVI Gustaf.

In the bilateral meeting with Swedish Prime Minister, has discussed efforts to strengthen cooperation in the five priority areas that have been woven. Namely trade, investment, education, environment, and tourism. “Other important issues were also brought forward was agreed for cooperation in the fields of health, science and technology, as well as the maintenance of peace,” said Faiza.

Comprehensive memorandum of cooperation agreement in the field of environment, the MOU on Cooperation in the Field of Sustainable Urban Development through SymbioCity and Green City concepts, also signed on the occasion. In particular, it was agreed to continue to encourage cooperation among universities, and research in the field of science and technology.

“Prime Minister Reinfeldt informed SAAB Group company plans to provide scholarships doctoral program in engineering for 50 citizens from 2014,” he said.

Other matters discussed by the two heads of government are working together in the field of democracy and human rights and to encourage inter-religious harmony. As for issues of regional and global mutual concern, including developments in Syria, Myanmar, Kosovo issue, the High Level Panel on Post 2015 Development Agenda, the development of the economic crisis in Europe, the WTO and Indonesia comprehensive partnership of cooperation with the EU.

Meanwhile, in a meeting with the Chairman of the Swedish Parliament, Per Westerberg, besides discussing the bilateral cooperation and socio-political developments in the two countries, has also discussed some developments in their respective areas. (From detiknews)

Jadual UN SMA/MA/SMK/Paket C di 11 Provinsi Berubah akibat kendala teknis Pencetakan

Banyak yang gelisah menunggu datangnya rombongan pembawa naskah Ujian Nasional,tiba-tiba dapat informasi bahwa Jadual pelaksanaan ujian nasional untuk jenjang SMA/MA/SMK/Paket C digeser, waaah sepontanitas kami semua terdiam… informasi ini benar apa bercanda  ya, akhirnya kami cari informasi yang lengkap dan akurat alhasil ternyata benar. Ilustrasi begini …Akibat adanya kendala teknis percetakan naskah soal, jadual  Ujian Nasional  (UN) mata pelajaran  Bahasa Indonesia pada  jenjang SMA/MA/SMALB/SMK dan Paket C  di 11 provinsi, yang semula dijadwalkan berlangsung pada Senin (15/4), digeser waktunya menjadi Jumat (19/4). Demikian disampaikan Kepala Bagian Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,  Khairil Anwar Notodiputro, di Jakarta, Sabtu (13/4/2013).

Singkat cerita  terjadinya kendala teknis pada pencetakan soal menyebabkan panitia tidak siap untuk mendistribusikan naskah soal UN hari pertama yang meliputi mata pelajaran bahasa Indonesia. Akibatnya, ujian pada hari Senin (15/4) itu akan diundur pelaksanaannya menjadi hari Jumat (19/4), sedangkan mata pelajaran yang seharusnya diujikan pada Selasa (16/4) akan dilaksanakan pada hari Senin (22/4). Disampaikan juga, jam pelaksanaan ujian tidak berubah berdasarkan jadwal semula. “Selain itu disampaikan, untuk mata pelajaran yang akan diujikan pada hari Rabu dan Kamis akan dilaksanakan sesuai dengan jadual yang sudah ada,” tambah Khairil.

Pergeseran jadual pelaksanaan UN pada  jenjang SMA/MA/SMALB/SMK dan Paket C ini berlaku di 11 propinsi yang meliputi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur

Perubahan jadual pelaksanaan UN tersebut dampaknya berpengaruh besar terhadap administrasi di daerah, yang mana dalam pengaturan jadual untuk monitoring harus digeser kembali. Bahkan diantara mereka sudah ada yang berangkat monitoring mengingat lokasi yang ditempuh sangat jauh dan terpencil.

Bocoran Kunci Jawaban 20 Paket Ujian Nasional 2013

Bocoran Kunci Jawaban Ujian Nasional 2013, dalam tiga hari terakhir ini sangat marak dicari di Internet. Entahlah apakah para siswa sendiri yang mencari bocoran kunci jawaban Ujian Nasional tersebut, atau orang-orang tertentu yang memang memiliki kepentingan tersendiri. Jika kita mengikuti sosialisasi mengenai pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2013 ini maka jelas bahwa celah-celah menuju ke arah kecurangan sangat sulit terjadi karena mulai dari penggandaan soal di percetakan yang dijaga super ketat oleh aparat,kemudian distribusi  soal yang dikawal dan dijaga ketat hingga ke tujuan. Kemudian untuk pelaksanaan ujian yang menggunakan soal dengan 20 paket soal yang berbeda, yang mana soal dan LJK sudah menyatu kemudian adanya kode pengaman pada soal dan LJK yang dilindungi dengan barcode.

Dari ulasan diatas tentunya mustahil bila jika ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab bisa membocorkan kunci jawaban Ujian Nasional 2013, andaikata memang terjadi ada kebocoran 1 exemplar soal juga tidak akan kelihatan pada soal terdapat paket berapa.  Jadi buat adik-adik yang akan menempuh Ujian Nasional, janganlah berharap hal-hal yang menyesatkan. Percayalah pada kemampuan anda sendiri,persiapkan dalam penguasaan materi dan jangan lupa berdo’a tiap malam agar anda berhasil.

Menentukan pilihan Kuliah di Australia

Australia saat menjadi idola para mahasiswa dari luar negeri, Australia saat ini memiliki lebih dari 455.000 siswa internasional yang berasal dari 140 negara lebih di seluruh dunia , tentunya salah satunya negera Indonesia.Banyak  sekali mahasiswa yang berasal dari Indonesia untuk melanjutkan studinya di negeri kanguru ini.  Mereka terdaftar dalam berbagai jurusan ilmu pengetahuan pada setiap tingkatan pendidikan, termasuk kursus singkat bahasa Inggris, gelar sarjana dan pascasarja na sampai ke gelar kedoktoran.

Lalu mengapa ratusan ribu mahasiswa dari belahan dunia studi di Australia ,
alasannya  adalah karena di Australia program pendidikan yang dinamis dan progresif, dengan reputasi demi keunggulan program studi dan kualifikasi yang diakui secara global sebuah gaya hidup yang santai, menyenangkan dan aman
biaya hidup dan studi yang lebih murah jika dibandingkan dengan banyak negara lain

Sebagai referensi buat anda yang ingin melanjutkan kuliah di Australia berikut ini beberapa Universitas ternama di Australia antara lain :

Canberra Institute of Technology (CIT)
Institut Box Hill
Institut Chisholm
Le Cordon Bleu Australia
Northern Melbourne Insititute of TAFE (NMIT)
William Angliss Institute of TAFE
CQUniversity Australia
Flinders University
La Trobe University
Macquarie University
Monash University — Facultas Teknologi Informasi
RMIT University
TAFE NSW
University of Canberra
University of New England – UNE
University of New South Wales (UNSW)
University of Queensland
University of South Australia
University of Technology Sydney (UTS)
University of Southern Queensland